YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ALIL KARIM
MTS AL MANAR PRAMBON NGANJUK
Jl. RAYA GROMPOL TANJUNGTANI PRAMBON
NGANJUK
JULI 2010

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas terselesainya RKM ( Rencana Kerja Madrasah ) MTs Al Manar Prambon Kab. Nganjuk tahun 2010/2011 sampai dengan 2013/2014. Tahapan penyusunan RKM menuntut Tim bekerja ekstra agar tingkat reliabilitas, kontinuitas serta pelaksanaan di Madrasah tidak terkendala.
Karakteristik RKM mencerminkan pengembangan Madrasah empat tahun kedepan sesuai kemampuan Madrasah berdasarkan kekuatan dan kelemahan . Terobosan-terobosan yang dirancang merupakan paradigma baru dalam mengemban peningkatan mutu pendidikan sesuai amanat UUD 1945 serta UU 20/2003 tentang Sisdiknas.
Keberhasilan menyelesaikan RKM karena keterlibatan berbagai unsur baik berupa motivasi, pelatihan dan pendampingan. Ucapkan terima kasih tak terhingga atas kerjasamanya kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyusunan RKM ini.
Disadari bahwa RKM ini masih ada kekurangan baik dari segi penyusunannya maupun substansi pengembangan Madrasah. Sumbang saran dari bebagai pihak akan menyempurnakan RKM MTs Al Manar Prambon.

Tim Penyusun RKM
MTs Al Manar Prambon

LEMBAR PENGESAHAN

RKM ini telah disahkan dalam Rapat Pleno Madrasah , yang dihadiri oleh Kepala Madrasah, Guru, Pengurus Komite, dan Tokoh Masyarakat

Pada tanggal : 17 Juli 2010
Bertempat di : MTs AL MANAR Tanjungtani
Kecamatan Prambon
Kabupaten Nganjuk

Ketua Komite Madrasah Kepala MTs Al Manar Prambon

MUCHLASIN ARIF MATSARONI, M.Pd.I
NIP. 195911181989031003

Kepala Kementerian Agama
Kab. Nganjuk

Drs. H. M. NUR SJAMSUDDIN, AM, M.Si
NIP. 195901081989031003

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ……………………………………………………………………………………
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………………………………….
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………………….
BAB I. PENDAHULUAN ……………………………………………………………………………
BAB II. VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH ………………………………………….
BAB III. RENCANA KERJA MADRASAH ……………………………………………………
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN MADRASAH (RKAS) ………………
RAPBM ………………………………………………………………………………………………………
PROFIL MADRASAH …………………………………………………………………………………

BAB I

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Pengalaman menunjukan bahwa setiap perubahan managerial – pengembangan Madrasah mengikuti selera pengelola Madrasah. Permendiknas 19/2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Menuntut Madrasah membuat Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) empat tahun dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) dilaksanakan berdasarkan RKJM.
Kepastian kelangsungan pengembangan Madrasah akan mendapat jaminan setelah RKM dibuat sesuai kebutuhan Madrasah yang melibatkan warga Madrasah. Pergantian managerial Madrasah tidak harus diikuti dengan perubahan rencana kegiatan dan pengembangan Madrasah. RKM mempunyai arti penting bagi semua unsur untuk dipedomani.

B. Manfaat RKM

RKM penting dimiliki untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku Madrasah / pengelola dalam rangka menuju perubahan atau tujuan Madrasah yang lebih baik (peningkatan, pengembangan) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. RKM diharapkan dapat dijadikan sebagai:
(1) pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembangan Madrasah,
(2) sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan Madrasah
(3) bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan Madrasah.

C. Tujuan RKM

RKM disusun dengan tujuan untuk:

1. Menjamin agar perubahan/tujuan Madrasah yang telah ditetapkan dapat dicaAl Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, SKI, Fiqih, Bahasa Arab dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil;
2. Mendukung koordinasi antar pelaku Madrasah;
3. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku Madrasah, antar Madrasah dan dinas pendidikan;
4. Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;
5. Mengoptimalkan partisipasi warga Madrasah dan masyarakat;
6. Menjamin tercaAl Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, SKI, Fiqih, Bahasa Arabnya penggunaan sumberdaya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

D. Tahap penyusunan
Proses penyusunan RKM dilakukan melalui tiga jenjang, yaitu: persiapan, perumusan RKM, dan pengesahan RKM. Alur proses penyusunan RKM tersebut dapat dilukiskan sebagai berikut.

Gambar 1.1: Alur penyusunan RKM

1. Persiapan
Sebelum perumusan RKM dilakukan, Kepala Madrasah & Guru bersama Komite Madrasah membentuk Tim Perumus RKM yang disebut Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah. KKRKM beranggotakan 6 orang yang terdiri dari unsur : kepala Madrasah, wakil kepala Madrasah, guru, wakil dari TU, dan wakil dari komite Madrasah.

2. Perumusan RKM / RKM
Perumusan RKM dilakukan melalui 4 tahap, sebagai berikut:

Tahap Kesatu: Identifikasi Tantangan
Tujuan tahap I ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan MTs, yaitu dengan cara membandingkan antara ”apa yang diinginkan (harapan)” dengan “apa yang ada saat ini” di MTs tersebut atau upaya dalam mempertahankan suatu keberhasilan yang telah dicapai Madrasah. Identifikasi tantangan dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini.
1. Menyusun Profil Madrasah.
2. Mengidentifikasi Harapan Pemangku Kepentingan
3. Merumuskan Tantangan Madrasah.

Tahap Kedua: Analisis Pemecahan Tantangan
Langkah-langkah dalam menganalisis tantangan adalah sebagai berikut :
1. Menentukan Penyebab Tantangan Utama
2. Menentukan Alternatif Pemecahan Tantangan Utama

Tahap Ketiga: Penyusunan Program
Dalam penyusunan program, ada 6 langkah yang perlu dilakukan, yaitu:
1. Menetapkan Sasaran
2. Menetapkan Program
3. Menetapkan Penanggungjawab Program
4. Menentukan Indikator Keberhasilan Program
5. Menentukan Kegiatan dan
6. Menyusun Jadwal Kegiatan

Tahap Keempat: Penyusunan Rencana Biaya dan Pendanaan
Pada tahap ini ditetapkan jenis dan banyaknya dana yang dibutuhkan, perkiraan jenis dan jumlah sumber pendanaan, aturan-aturan dari sumber pendanaan dan alokasi jenis dan sumber pendanaan untuk setiap jenis kebutuhan dana.
3. Pengesahan RKM
Setelah RKM selesai disusun oleh KKRKM, RKM dibahas bersama oleh kepala Madrasah, semua guru, dan komite Madrasah untuk dikaji ulang agar RKM yang telah disusun sesuai dengan yang diharapkan. Selanjutnya RKM yang telah dikaji ulang dan diperbaiki disahkan oleh kepala MTs, komite Madrasah, dan kepala Kemenag. Akhirnya, RKM yang telah disahkan, disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan di MTs.

E. Landasan Hukum
Landasan hukum Penyusunan RKM ini sebagai berikut.
1. UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional psl. 4 ( pengelolaan dana pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
3. PP No. 19/ 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan psl. 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun).
4. Permendiknas 19/2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Madrasah membuat Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 4 tahun, Rencana Kerja Tahunan (RKT) dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKA/M) dilaksanakan berdasarkan RKJM. RKJM/T disetujui rapat dewan pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari Komite Madrasah dan disyahkan berlakunya oleh Kemenag Kab/Kota.

BAB II

VISI, MISI DAN TUJUAN MADRASAH

A. Visi

Terwujudnya Generasi Islam Yang Ber-Imtaq, Unggul Berprestasi Dan Tanggap Iptek

B. Misi
1. Meningkatkan pendidikan keagamaan islam
2. Mengimplementasikan pendidikan kegamaan islam dalam sikap dan perbuatan
3. Menerapkan manajemen partisipasif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan komite madrasah
4. Mendorong dan meningkatkan prestasi siswa sesuai dengan potensi dirinya secara optimal
5. Mengoptimalkan fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan
6. Mengoptimalkan pelayanan peserta didik dalam upaya menguasai iptek
7. Menciptakan lingkungan madrasah yang nyaman dan kondusif untuk belajar

C. Tujuan
Dalam kurun waktu 4 (empat) tahun ke depan tujuan yang akan dicaAl Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, SKI, Fiqih, Bahasa Arab Madrasah antara lain :
1. Pada tahun 2011 terjadi peningkatan kualitas budi pekerti warga madrasah
2. Pada tahun 2011 terjadi peningkatan kepedulian warga madrasah terhadap kebersihan dan keindahan madrasah
3. Pada tahun 2011 terjadi peningkatan jumlah siswa
4. Pada tahun 2011 terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non akademik
5. Pada tahun 2012 terjadi peningkatan skor un minimal + 1,5 dari standart yang ada
6. Pada tahun 2013 memiliki siswa-siswa yang berprestasi dalam bidang mipaba minimal tingkat kabupaten/kota
7. Pada tahun 2013 memiliki tim yang berprestasi dalam bidang kesenian dan olahraga minimal tingkat kabupaten/kota
BAB III

RENCANA KERJA MADRASAH
Rencana Kerja Madrasah MTs Al Manar Prambon Nganjuk disusun dengan mempertimbangkan keadaan Madrasah, harapan pemangku kepentingan, dan tantangan dalam lingkungan strategis pendidikan di Madrasah agar sasaran dan program pengembangan Madrasah dalam empat tahun ke depan lebih realistis dan konsisten dengan prinsip-prinsip pengelolaan pendidikan yang efektif, efisian, akuntabel, dan demokratis. Hasil dari identifikasi dan analisis pemecahan tantangan Madrasah dapat dilihat pada tabel A dan B terlampir.
Dalam bab ini dikemukakan hasil pengembangan program Madrasah, yang mencakup telaah mengenai: (1) sasaran, (2) program, (3) indikator keberhasilan, (4) kegiatan, (5) penanggung jawab, dan (6) jadwal kegiatan.
Sasaran digunakan sebagai panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu 4 tahun guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan pada tahap II (lihat tabel B kolom 2). Dalam menetapkan sasaran, Madrasah telah melakukan analisis kesiapan Madrasah untuk mencaAl Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, SKI, Fiqih, Bahasa Arab sasaran tersebut, antara lain dengan melihat kesiapan sumberdaya manusia, sarana & prasarana, keuangan, dan situasi serta kondisi Madrasah. Rumusan sasaran pengembangan Madrasah dalam kurun waktu 4 tahun ke depan dapat dilihat dalam tabel 3.1 kolom 1.
Setelah sasaran dirumuskan, Madrasah menetapkan program-program yang perlu dikembangkan di Madrasah. Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan untuk mencaAl Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, SKI, Fiqih, Bahasa Arab suatu tujuan yang sama. Berdasarkan hasil identifikasi pemecahan tantangan utama tersebut, maka program-program yang akan dikembangkan di MTs Al Manar Pramon sebagai berikut.

1. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran.
2. Perbaikan Administrasi & Manajemen Madrasah.
3. Pengembangan Organisasi & Kelembagaan.
4. Perbaikan Sarana dan Prasarana.
5. Peningkatan kualitas SDM (ketenagaan).
6. Peningkatan Pembiayaan dan Pendanaan Madrasah.
7. Peningkatan Peran Serta Masyarakat.
8. Peningkatan Prestasi Peserta Didik.
9. Peningkatan kualitas Lingkungan dan Budaya Madrasah.
Untuk mengetahui keberhasilan apakah program/sasaran yang ditetapkan berhasil atau tidak, maka Madrasah telah merumuskan indikator keberhasilan. Indikator keberhasilan yang dirumuskan, berkaitan dengan proses dan/atau hasil akhir. Rumusan indikator keberhasilan dapat dilihat dalam tabel 3.1 kolom 3.
Setelah indikator keberhasilan ditetapkan, langkah berikutnya adalah merumuskan kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan di Madrasah. Kegiatan pada dasarnya merupakan tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program untuk memecahkan tantangan yang dihadapi Madrasah. Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di Madrasah dapat dilihat pada tabel 3.1 kolom 4. Sedangkan penanggung jawab program dan kegiatan dapat dilihat di kolom 5.
TABEL 3.1: PROGRAM PENGEMBANGAN MTs AL MANAR PRAMBON

Sasaran Program Indikator Keberhasilan Kegiatan Penanggung Jawab
I.10.1.Tersedianya 10 buku pelajaran untuk kelas 7,8,9 bidang studi B.Ind, AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn,IPA, IPS, Penjas,Kertskes, TIK,B,Daerah,Engglis Suplement :
a. 2012/2013 : IPA, IPS, BIND, Ing. Suplement Kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKN,TIK Kls : 7,8,9
c. 2012/2013 : B.Jawa, Kertakes Kls : 7,8,9

I.3.2.1.Terlaksananya strategi pembelajaran bervariasi untuk semua guru kelas 7,8,9
a. 2012/2013 : BIND,BIG. MAT,IPA,PKn,AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB
b. 2011/2012 : IPS, KTK, TIK, Penjas, B,Jawa, Inggris Suplement

I.2.1. Tersusunnya kelengkapan silabus beserta dukumen penunjangnya.
a. 2012/2013 : Semua mata pelajaran kls : 7
b. 2011/2012 : Semua mata pelajaran kls : 8
c. 2012/2013 : Semua mata pelajaran kls : 9

I.4.1. Terlaksananya kegiatan Evaluasi Pembelajaran dan analisis hasil belajar untuk mapel AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn,IPS,KTK,Penjas,B,Jawa,Inggris Suplement.
a. 2012/2013:AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB,PKn.IPS kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : KTK,Penjas Bhs. jawa,Ingg Supl
Kls : 7,8,9

I.19. Meningkatnya ketuntasan belajar 7%
a. 2012/2013 : Meningkat 2 %
b. 2011/2012 : Meningkat 2 %
c. 2012/2013 : Meningkat 3 %
Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran
I.10.1. Madrasah memiliki 10 buku pelajaran untuk kelas 7,8,9 bidang studi B.Ind, AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn,IPA, IPS,Penjas,Kertskes,TIK,B,Daerah,Engglis Suplement :
a. 2012/2013 : IPA, IPS, BIND, Ing. Suplement Kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKN,TIK Kls : 7,8,9
c. 2012/2013 : B.Jawa, Kertakes Kls : 7,8,9

I.3.2.1.Semua guru menggunakan strategi pembelajaran bervariasi untuk kelas 7,8,9
a. 2012/2013 : BIND,BIG. MAT,IPA,PKn,AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB
b. 2011/2012 : IPS, KTK, TIK, Penjas, B,Jawa, Inggris Suplement

I.2.1. Madrasah memiliki silabus beserta dukumen penunjangnya.
a. 2012/2013 : Semua mata pelajaran kls : 7
b. 2011/2012 : Semua mata pelajaran kls : 8
c. 2012/2013 : Semua mata pelajaran kls : 9

I.4.1. Madrasah melak-sanakan kegiatan Evaluasi Pembel ajaran dan analisis hasil belajar untuk mapel AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn,IPS,KTK, Penjas,B,Jawa,Inggris Suplement.
a. 2012/2013 : AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB,PKn.IPS kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : KTK,Penjas,B.jawa,Ingg Supl
Kls : 7,8,9

I.19. Madrasah mencapai Al Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, SKI, Fiqih, Bahasa Arab ketuntasan belajar 7 %
a. 2012/2013 : Meningkat 2 %
b. 2011/2012 : Meningkat 2 %
c. 2012/2013 : Meningkat 3%

I.10.1.Pengadaan 10 buku pelajaran untuk kelas 7,8,9 bidang studi B.Ind, AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn,IPA,IPS,Penjas,Kertskes,TIK,B,Daerah,Engglis Suplement :
a. 2012/2013 : IPA, IPS, BIND, Ing. Suplement Kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKN,TIK Kls : 7,8,9
c. 2012/2013 : B.Jawa, Kertakes Kls : 7,8,9

I.3.2.1.Penggunaan strategi pembelajaran bervariasi untuk kelas 7,8,9
a. 2012/2013 : BIND,BIG. MAT,IPA,PKn,AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB
b. 2011/2012 : IPS, KTK, TIK, Penjas, B,Jawa, Inggris Suplement

I.2.1. Pengadaan silabus beserta dukumen penunjangnya.
a. 2012/2013 : Semua mata pelajaran kls : 7
b. 2011/2012 : Semua mata pelajaran kls : 8
c. 2012/2013 : Semua mata pelajaran kls : 9

I.4.1. Pelaksanaan kegiatan Evaluasi Pembelajaran dan analisis hasil belajar untuk mapel AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn,IPS,KTK,Penjas,B,Jawa,Inggris Suplement.
a. 2012/2013 : AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB,PKn.IPS kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : KTK,Penjas,Bjawa,Ingg Supl
Kls : 7,8,9

I.19. Pencapaian Al Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, SKI, Fiqih, Bahasa Arab ketuntasan belajar 7 %
a. 2012/2013 : Meningkat 2 %
b. 2011/2012 : Meningkat 2 %
c. 2012/2013 : Meningkat
3 %
KS dibantu Urusan Kurikulum

II.3.1.1 Terlaksananya Penataran KTSP untuk guru mata pelajaran AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn, BIN,BIG,MTK,IPA,IPS,Kertakes,TIK,Penjas,B,jawa.
a. 2012/2013 : BIN,BIG,MTK kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : PKn,IPA,IPS kls : 7,8,9
c. 2012/2013 : TIK,Kertakes, kls : 7,8,9
d. 2011/2012 : Penjas, B,Jawa kls : 7,8,9

II.3.1.2 Terlaksananya pelatihan PTK dan Karya Tulis untuk semua guru mata pelajaran
a. 2012/2013 : BIND,MTK,BIG, IPA
b. 2011/2012 : IPS,AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB,PKn,KTK
c. 2012/2013 : TIK,Penjas,Mulok

II.3.1.3.Terlaksananya Diklat sertifikasi profesi guru :
a. 2012/2013 : Guru masa kerja diatas 10 tahun.
b. 2011/2012 : Guru masa kerja 5 tahun
c. 2012/2013 : Guru masa kerja kurang 5 tahun

II.11.1.3.Terlibatnya warga Madrasah dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan pengembangan lembaga tahun 2012/2013

II.12.1. Terlaksananya pengembangan profesionalisme dan kinerja Tenaga Administrasi melalui studi lanjut, pelatihan, penataran dan sejenisnya.
a. 2012/2013 : Diklat Peg Tetap
b. 2011/2012 : Diklat PTT

II.2.1.Tersedianya peraturan yang lengkap untuk memberikan penghargaan bagi perserta didik yang berprestasi 2012/2013

II.4.1.2.Terlaksananya study banding dalam rangka upaya peningkatan mutu :
a. 2012/2013 : Madrasah terdekat
b. 2011/2012 : SSN di kabupaten
c. 2012/2013 : SSN di luar Kab.
Administrasi dan Managemen Madrasah
II.3.1.1 Madrasah melaksanakan Penataran KTSP untuk guru mata pelajaran AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn, BIN,BIG,MTK,IPA,IPS, Kertakes,TIK,Penjas,B,jawa.
a. 2012/2013 : BIN,BIG,MTK kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : PKn,IPA,IPS kls : 7,8,9
c. 2012/2013 : TIK,Kertakes, kls : 7,8,9
d. 2011/2012 : Penjas, B,Jawa kls : 7,8,9

II.3.1.2 Madrasah melaksanakan pelatihan PTK dan Karya Tulis untuk semua guru mata pelajaran
a. 2012/2013 : BIND,MTK,BIG, IPA
b. 2011/2012 : IPS,ALQUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB,PKn,KTK
c. 2012/2013 : TIK,Penjas,Mulok

II.3.1.3 Madrasah melaksanakan Diklat sertifikasi profesi guru :
a. 2012/2013 : Guru masa kerja diatas 10 tahun.
b. 2011/2012 : Guru masa kerja 5 tahun
c. 2012/2013 : Guru masa kerja kurang 5 tahun

II.11.1.3.Madrasah melibatkan warga Madrasah dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan pengembangan lembaga tahun 2012/2013

II.12.1. Madrasah melaksanakan pengembangan profesionalisme dan kinerja Tenaga Administrasi melalui studi lanjut, pelatihan, penataran dan sejenisnya.
a. 2012/2013 : Diklat Peg Tetap
b. 2011/2012 : Diklat PTT

II.2.1.Madrasah memiliki peraturan yang lengkap untuk memberikan penghargaan bagi perserta didik yang berprestasi 2012/2013

II.4.1.2. Madrasah melaksanakan study banding dalam rangka upaya peningkatan mutu:
a. 2012/2013 : Madrasah terdekat
b. 2011/2012 : SSN di kabupaten
c. 2012/2013 : SSN di luar Kab.

II.3.1.1 Pelaksanaan Penataran KTSP untuk guru mata pelajaran AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn, BIN,BIG,MTK,IPA,IPS, Kertakes,TIK,Penjas,B,jawa.
a. 2012/2013 : BIN,BIG,MTK kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : PKn,IPA,IPS kls : 7,8,9
c. 2012/2013 : TIK,Kertakes, kls : 7,8,9
d. 2011/2012 : Penjas, B,Jawa kls : 7,8,9

II.3.1.2 Pelaksanaan pelatihan PTK dan Karya Tulis untuk semua guru mata pelajaran
a. 2012/2013 : BIND,MTK,BIG, IPA
b. 2011/2012 :IPS,AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB,PKn,KTK
c. 2012/2013 : TIK,Penjas,Mulok

I.3.1.3. Pelaksanaan Diklat sertifikasi profesi guru :
a. 2012/2013 : Guru masa kerja diatas 10 tahun.
b. 2011/2012 : Guru masa kerja 5 tahun
c. 2012/2013 : Guru masa kerja kurang 5 tahun

II.11.1.3.Pelaksanaan pengambilan keputusan dengan melibatkan warga Madrasah dalam pengembangan lembaga tahun 2012/2013

II.12.1.Pelaksanaan pengembangan profesionalisme dan kinerja Tenaga Administrasi melalui studi lanjut, pelatihan, penataran dan sejenisnya.
a. 2012/2013 : Diklat Peg Tetap
b. 2011/2012 : Diklat PTT

II.2.1. Pengadaan peraturan yang lengkap untuk memberikan penghargaan bagi perserta didik yang berprestasi 2012/2013

II.4.1.2. Pelaksanaan study banding dalam rangka upaya peningkatan mutu:
a. 2012/2013 : sek.terdekat
b. 2011/2012 : SSN di kab
c. 2012/2013 : SSN di luar Kab.
KS dibantu Wakasek dan Ka. TU

TABEL 3.2. JADWAL PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN RKM MTs AL MANAR PRAMBON NGANJUK

No Program/ Kegiatan 2010/2011 2011/2012 2012/2013 2013/2014
Smt 1 Smt 2 Smt 1 Smt 2 Smt 1 Smt 2 Smt 1 Smt 2

I.10.1. Pengadaan 10 buku pelajaran untuk kelas 7,8,9 bidang studi B.Ind, AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn,IPA,IPS,Penjas,Kertskes,TIK,B,Daerah,Engglis Suplement :
a. 2012/2013 : IPA, IPS, BIND, Ing. Suplement Kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKN,TIK Kls : 7,8,9
c. 2012/2013 : B.Jawa, Kertakes Kls : 7,8,9

I.2.1. Pengadaan silabus beserta dukumen penunjangnya.
a. 2012/2013 : Semua mata pelajaran kls : 7
b. 2011/2012 : Semua mata pelajaran kls : 8
c. 2012/2013 : Semua mata pelajaran kls : 9

I.4.1. Pelaksanaan kegiatan Evaluasi Pembelajaran dan analisis hasil belajar untuk mapel AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB, PKn,IPS,KTK,Penjas,B,Jawa,Inggris Suplement.
a. 2012/2013 : AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB,PKn.IPS kls : 7,8,9
b. 2011/2012 : KTK,Penjas,Bjawa,Ingg Supl
Kls : 7,8,9

II.3.1.2 Pelaksanaan pelatihan PTK dan Karya Tulis untuk semua guru mata pelajaran
a. 2012/2013 : BIND,MTK,BIG, IPA
b. 2011/2012 :IPS,AL QUR’AN HADIST, AQIDAH AKHLAK, SKI, FIQIH, BAHASA ARAB,PKn,KTK
c. 2012/2013 : TIK,Penjas,Mulok



II.11.1.3.Pelaksanaan pengambilan keputusan dengan melibatkan warga Madrasah dalam pengembangan lembaga tahun :
a. 2012/2013
b. 2011/2012
c. 2012/2013
d. 2011/2012
√ √ √ √
II.12.1.Pelaksanaan pengembangan profesionalisme dan kinerja Tenaga Administrasi melalui studi lanjut, pelatihan, penataran dan sejenisnya.
c. 2012/2013 : Diklat Peg Tetap
d. 2011/2012 : Diklat PTT


II.2.1.Pengadaan peraturan yang lengkap untuk memberikan penghargaan bagi perserta didik yang berprestasi 2012/2013

II.4.1.2.Pelaksanaan study banding dalam rangka upaya peningkatan mutu :
a. 2012/2013 : sek.terdekat
b. 2011/2012 : SSN terdekat
c. 2012/2013 : SSN di Kab.
d. 2011/2012 SSN di luar Kab.




III.2.1 Pelaksanakan peningkatan pertemuan dengan komite Madrasah atau organisasi kelembagaan lainnya.
a. 2012/2013 pertemuan terjadwal 1 tahun 2 kali
b. 2011/2012 pertemuan terjadwal 1 tahun 2 kali
c. 2012/2013 pertemuan terjadwal 1 tahun 3 kali
d. 2011/2012 pertemuan terjadwal 4kali

III.6.1 Pengadaan peraturan khusus di Madrasah dalam rangka peningkatan efektivitas pembelajaran tahun pelajaran 2012/2013

III.7.1 Pelaksanaan kerjasama dengan lembaga pendidikan lain dalam satu daerah dan di luar daerah atau luar negeri untuk mengembangkan Madrasah.
a. Tahun 2012/2013 kerjasama dengan lembaga terdekat
b. Tahun 2011/2012 kerjasama Madrasah diluar Kabupaten

IV. 1.2. Pelaksanaan pembangunan pagar yaitu 80 %dari 100%(384m)
a. Tahun 2012/2013 tersedia dana 20%
b. Tahun 2011/2012 tersedia dana 20%
c. Tahun 2012/2013 tersedia dana 20%
d. Tahun 2011/2012 tersedia dana 20%


IV.10.2 Pengadaan LCD pembelajaran tahun pelajaran 2011/2012

IV.22.1 Pengadaan WC/KM untuk siswa sebanyak 4 buah
a. 2012/2013 – 1 WC
b. 2011/2012 – 2 WC
c. 2012/2013 – 2 WC
d. 2011/2012 perbaikan

IV.24.1 Madrasah memiliki lapangan Basket, Tenis meja dan Atletik
a. 2012/2013 Pembuat tiang dan Reng Basket
b. 2011/2012 Penambahan bola basket
c. 2012/2013 penambahan meja tenis
d. 2011/2012 penambahan sarana tenis meja

V.6.1 Pelatihan peran guru dan komite dalam managemen Madrasah 2012/2013 secara maksimal √

V.2.1.Penyediaan guru BK,BIG,BIO,Fisika :
a. 2012/2013 : BIG, BK
b. 2011/2012 : BIO, Fisika

V.3.2.Penyediaan Konsultan/Nara Sumber untuk memberikan presentasi peningkata pemebelajaran
a. 2012/2013
b. 2011/2012

VI.3.1 Pengadaan dana 20% untuk program peningkatan mutu Madrasah
a. 2012/2013 5%
b. 2011/2012 5%
c. 2012/2013 5%
d. 2011/2012 5%


VI.9.1 Pembuatan RAPBS yang berkualitas yang dapat mencakup dan memenuhi semua kegiatan Madrasah, untuk peningkatan mutu Madrasah.
a. 2012/2013 membuat RAPBS yang berkualitas.
b. 2011/2012 mengadakan work shop pengelolaan Madrasah
c. 2012/2013 terbentuknya tim work APBS yang solid
d. 2011/2012 terbentuknya tim work APBS yang solid
e.

VII.4.1 Pelaksanaan perlakuan terhadap kecerdasan, bakat, minat, peserta didik. TercaAl Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, SKI, Fiqih, Bahasa Arabnya kenaikan jumlah siswa yang mendapat pengayaan 66 anak menjadi 121 anak (naik 10%)
a. 2012/2013 = 3%
b. 2011/2012 = 3%
c. 2012/2013 = 2%
d. 2011/2012 = 2%

VII.4.1 Memberi pembinaan khusus yang mendapat remidi, mengadakan pendekatan kepada orang tua yang putra-putrinya mendapat remidi, memberi les privat. Jumlah Remidi menurun 40% : 220 dari 550 Siswa.
a. 2012/2013 Penurunan 10%
b. 2011/2012 Penurunan 10%
c. 2012/2013 Penurunan 10%
d. 2011/2012 Penurunan 10%

VII.4.1 Memberi pembinaan kepada siswa-siswi yang ikut seni tari meningkat dari 2% menjadi 10 % (dari 10 anak yang ikut menjadi 50 anak).
a. 2012/2013 kenaikan 3%
b. 2011/2012 kenaikan 3%
c. 2012/2013 kenaikan 2%
d. 2011/2012 kenaikan 2%

VII.4.1.2 Memberi pembinaan siswa yang dibina dibidang Olahraga dan pembinaan khusus bagi siswa yang memiliki bakat, mengadakan perlombaan antar kelas. Jumlah siswa yang dibina meningkat 20% (dar110 siswa menjadi 220 siswa)
a. 2012/2013 naik 5%
b. 2011/2012 naik 5%
c. 2012/2013 naik 5%
d. 2011/2012 naik 5%

VII.4.1.3 Memberi pembinaan secara khusus siswa yang memiliki bakat dibidang seni baca Al-Qur’an (Qori’ah) dan mendatangkan nara sumber. Siswa yang dibina naik 10% dari 10 anak menjadi 50 anak.
a. 2012/2013 naik 3%
b. 2011/2012 naik 3%
c. 2012/2013 naik 2%
d. 2011/2012 naik 2%

VIII.1 Keikutsertaan orang tua dalam perencanaan dan pelaksanaan program yang meliputi bidang sapra dan peningkatan mutu dari :
a. 2012/2013
b. 2011/2012
c. 2012/2013
d. 2011/2012

VIII.3 Pelaksanaan Peran dan fungsi Komite untuk peningkatan mutu pembelajaran
a. 2012/2013 merekrut komite dari unsur tokoh pendidik
b. 2008/2010 melibatkan dalam rapat kerja Madrasah
c. 2012/2013 mengadakan diskusi tentang pembelajaran bermutu
d. 2011/2012 melibatkan dalam rapat kerja Madrasah

IX.3 Pengadaan taman Madrasah 90% dari rencana 100%
a. 2012/2013 terlaksana 30%
b. 2011/2012 terlaksana 30%
c. 2012/2013 terlaksana 20%
d. 2011/2012 terlaksana 10%

IX.5 Pelaksanaan diskusi , tukar informasi dan belajar berkelompok 4 tahun kedepan :
a. 2012/2013
b. 2011/2012
c. 2012/2013
d.2011/2012

BAB IV

RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN MADRASAH (RKAS)

Proses penyusunan rencana biaya dan pendanaan RKM dilakukan melalui tahap-tahap sebagai berikut.
1. Menghitung biaya satuan.
2. Menyusun rencana biaya pengembangan Madrasah selama 4 tahun.
3. Menghitung perkiraan sumber pendanaan.
4. Penyesuaian rencana biaya dan sumber pendanaan.
5. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran Madrasah (RKAS).
Hasil dari proses tersebut adalah berupa usulan rencana biaya dan pendanaan Madrasah baik dalam bentuk rencana biaya pengembangan Madrasah selama 4 tahun dan rencana biaya operasional Madrasah, serta RKAS. Tabel 4.1 merupakan usulan RKAS tahun 2007/2008, sedangkan rencana biaya lainnya dapat dilihat dalam lampiran (tabel D1, D2, D3, dan D4).

TABEL : 4.1.
Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAS)
MTS AL MANAR PRAMBON NGANJUK
Tahun Pelajaran 2007 / 2008

Madrasah : MTS AL MANAR
Kecamatan : PRAMBON
Kabupaten : NGANJUK JAWA TIMUR

PENDAPATAN BELANJA
No. Uraian Jumlah No. Uraian Jumlah
I Rutin dari Pemda Kab/Kota I Biaya Operasional
1. Belanja Pegawai 1.1. Belanja Pegawai
2. Belanja Barang 1.2. Belanja Barang
3 Belanja Pemeliharaan 1.4. Belanja Pemeliharaan
4. Belanja Lain-Lain 1.5. Belanja Lain-Lain

II Bantuan II Biaya Pengembangan
1. BOS 2.1. Kurikulum dan Pembelajaran
2. Pemda Kab/Kota 2.2. Administrasi dan Manajemen Sek.
3. Pemda Provinsi 2.3. Organisasi dan Kelembagaan
2.4. Sarana dan Prasarana
III Dana Komite 2.5. Ketenagaan
1. Iuran Orang Tua 2.6. Pembiayaan dan Pendanaan
2. Sumbangan Sukarela 2.7. Peserta Didik
3. ……… 2.8. Peran Serta Masyarakat
2.9. Lingkungan dan Budaya Madrasah
IV Penerimaan Lain-Lain
1. Donatur
2. Usaha Madrasah

V Sisa Lebih Anggaran Tahun Lalu

Jumlah Pendapatan Jumlah Belanja
Jumlah Suplus (Defisit)

Mengetahui, Menyetujui, Dibuat oleh,
Ketua Komite Madrasah Kepala Madrasah Bendahara/Guru

R A D I Drs. Edy D. Susanto,MM Sigit Kuncoro,SPd

V. KESIMPULAN

Merancang RKM yang reliabilitasnya tinggi memerlukan kesungguhan dan komitmen warga Madrasah. Pengembangan SMP N 2 Baureno 4 tahun kedepan relatif dapat memenuhi pemangku kepentingan tetapi perkembangan percepatan dunia pendidikan menuntut pengelola Madrasah mereview kembali baik program pengembangan maupun pendanaannya.
Penekanan program pengembangan dalam RKM menitik beratkan pada bidang Kurikulum dan Pembelajaran , karena KTSP bukan lagi wacana tetapi kepercayaan bagi Madrasah untuk menunjukan ciri khasnya. Pembelajaran cenderung inovatif ,kreatif yang mengarah pada contektual juga merupakan garapan prioritas pada pengembangan Madrasah.Bidang – bidang yang lain mendapat perhatian untuk dikembangkan ( Sarana Prasarana ) tetapi fleksibilitas pelaksanaannya tergantung dari sumber pendanaan.

SARAN
Prioritas pengembanan Madrasah pada RKM MTs Al Manar Prambon sulit diwujudkan tanpa kepedulian semua pihak. Pelayanan maksimal harus didukung dengan kesiapan infrastruktur yang memadai. Kepedulian pemikiran dan finansial dari pemangku kepentingan sangat dibutuhkan .
LAMPIRAN

1. Tabel A: Kesimpulan Profil, Harapan, Tantangan.
2. Tabel B: Sebab tantangan & alternatif pemecahan tantangan.
3. Tabel D1: Daftar Biaya Satuan.
4. Tabel D2: Rencana Biaya Pengembangan.
5. Tabel D3: Perkiraan Sumber Pendanaan
5. Tabel D4: Rencana Biaya dan Sumber Pendanaan.
5. Tim Penyusun RKM.
6. Foto proses penyusunan RKM.

About these ads